Senin, 06 Februari 2012

Menghargai Dapur sebagai "Jantung" Rumah


Bagi sebagian besar orang, dapur merupakan "jantung" rumah. Bahkan, bagi masyarakat suku tertentu, seperti Jawa, dapur atau biasa disebutpawon memiliki porsi terbesar dibandingkan ruang lainnya. Jangan heran, bahkan kandang ayam dan sumur pun berada di dalam pawon.
Seiring perkembangan zaman, dapur tak lagi tampil kumuh. Malah boleh dibilang, harga kitchen setbersaing dengan harga seperangkat bed set di kamar tidur anak.
Tak hanya tampil apik, sebuah dapur juga dituntut kelengkapannya. Bayangkan, jika di tengah malam lapar, Anda tak bisa menggodok mi instan hanya karena tak punya panci kecil. Oleh karena itu, sebelum membeli perlengkapan dapur, Anda juga perlu memikirkan ritual dan kebiasaan anggota keluarga.
Jika ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan minum kopi pada pagi hari, seperangkat coffee makerbisa menjadi perangkat sangat penting. Untuk ukuran standar, berikut ini adalah beberapa perangkat yang wajib dimiliki di ruang makan dan dapur:
1. Satu set meja makan.
2. Lemari kecil: Pilih yang berlaci agar selain dapat menyimpan makanan, makanan instan, bumbu dapur jugs bisa menyimpan sendok, garpu, dan pisau.
3. Taplak meja: Setidaknya miliki tiga buah taplak dengan motif beda yang bisa dipadupadankan.
4. Peralatan makan: Terdiri dari piring, gelas, cangkir, mug, sendok dan garpu, mangkuk, dan serbet.
5. Peralatan dapur: Terdiri dari kompor, satu set pisau, tempat sendok dan nasi, sendok sayur, sendok lauk, sodet, saringan, wajan cekung, wajan antilengket, panci besar dan kecil, dandang, pembuka botol, talenan kayu, parutan, tempat garam dan merica, serta nampan.
6. Rak piring.
7. Rice cooker.
8. Lemari es.
Jika masih ada dana yang tersisa dari bujet, tak ada salahnya jika Anda membeli microwave, food warmer, toaster, dan juicer. Dengan perlengkapan dasar dapur yang lengkap, Anda bukan hanya bisa menyajikan hidangan dengan mudah dan praktis, tetapi juga bisa menjadikan ruang dapur berfungsi ganda sebagai tempat makan dan berkumpul keluarga. 
sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar