Sabtu, 21 Januari 2012

Arsitektur Bali Modern


Istilah "Bali" modern "Jawa" modern atau "Arsitektur daerah" modern didalam ilmu arsitektur disebut aliran "arsitektur Neo Vernacular". Jadi aliran Neo Vernacular adala aliran arsitektur yang memasukkan langgam ciri khas daera tertentu yang dikemas ke dalam style yang lebih baru. Apa bedanya dengan arsitektur tradisional Bali? Bedanya adalah arsitektur Neo Vernacular  anya mengambil langgam atau ornamennya saja, tapi tidak mengambil keseluruhan konsepnya.


Seperti contoh dalam hal ini desain gambar dismaping "Villa Batanghari" yang menggunakan angkul - angkul Bali (pintu masuk di depan rumah) sudah 'dimodifikasi' bentuknya. Pada desain ini langgam ornament arsitektur tradisional yaitu angkul - angkul tersebut disederhanakan bentuknya mengikuti style atau gaya yang sedang tren saat ini. Selain itu, jika dikatakan "modern" juga sebenarnya kurang tepat, karena dalam arsitektur tidak dikenal istila waktu "modern" atau "lampau" (bisa dikatan "Beauty is Timeless"), dan dalam bahasa arsitektur bisa dikatakan, lebih sedikit ornament.

Jadi kesimpulannya, Arsitektur Bali modern adalah aliran arsitetur yang mengambil beberapa langgam atau ornament arsitektur Bali yang disederhanakan bentuknya mengikuti style yang sedang tern saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar