Sabtu, 21 Januari 2012

Mempercantik Taman dengan Pot Batu Alam


Bila pot bunga ada di taman ataupun teras rumah, itu sudah lazim. Bila Anda ingin menghadirkan pot yang lain ketimbang yang lain, ada satu cara jitu.
Yakni menggunakan pot bunga yang dilapisi batu alam. Selain lebih indah, suasana alamiah dikentalkan oleh pot tersebut.
Rahmat dan Salman, pedagang di kios Multi Sentra, Senayan, Jakarta Pusat,  menjelaskan sejumlah hal tentang pot seperti itu.
Mari kita simak:
1. Badan pot tersebut dari campuran semen dan pasir. Lantas, batu alam ditempelkan ke pot tersebut.
2. Adapun jenis batu alam yang ditempelkan ke pot tersebut bervariasi. Simak: ada batu andesit, yogya merah, dan lain-lain.
3. Pot tersebut lebih kuat ketimbang pot biasa. Maklum, di dalamnya ada rangka besi—tak ubahnya tembok rumah yang punya kerangka.
Alhasil, sekalipun digunakan untuk memuat tanaman yang berat, pot tersebut tidak mudah jebol.
4. Dari segi bobot, pot batu alam tersebut lebih berat. Sekadar contoh, pot dengan tinggi sekitar 40 cm dan berdiameter 30 cm, berbobot 30 kg. Sementara, jenis yang lebih besar bisa berbobot 100 kg.
5. Dibandingkan pot biasa, harga pot batu alam lebih mahal. Yang punya tinggi 40 cm dan diameter 30 cm tadi dibanderol Rp550.000 sedangkan Rp375.000 merupakan harga pot berdiameter 38 cm dengan tinggi 35 cm. Nah, yang berdiameter 1,5 dan punya tinggi 55 cm, punya banderol Rp2,6 juta.
6. Barangkali, sang pemilik merasa sayang bila pot seperti itu mesti kotor oleh tanah dan air. Mengatasi itu cukup mudah: tanaman artifisial bisa dilesakkan ke pot itu, kerikil digunakan sebagai pengganti tanah. Lantas, pot diletakkan di interior ataupun teras. Dengan cara itu, perawatan pot pun lebih mudah.
7. Agar lebih awet dan indah, pot tersebut seyogyanya diberi cat anti-lumut dan jamur (di-coating).Maka, warna pot tersebut lebih cerah, pula tidak mudah kena lumut. Bila sudah di-coating, perawatan pot tersebut lebih mudah. Debu ataupun kotoran lain tinggal dilap ataupun disiram.
8. Kemudian, motif-corak pot tersebut bermacam-macam, bervariasi. Ada batu alam dari berbagai warna cokelat yang ditempelkan mendatar ke permukaan pot. Yang menarik, ada pot yang permukaannya dihiasi batu alam ukuran kecil nan itempelkan tidak mendatar, namun menjorok keluar membentuk corak nan menarik.
9. Kadang, orang memfungsikan pot itu sebagai gentong penghias interior/taman. Bukan sebagai pot.
10. Pot batu alam juga banyak diminati oleh pengelola kantor, hotel, dan apartemen. Terutama pot nan berukuran ekstra besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar